Senin, 10 April 2017

Cara Merawat Sepatu Gunung Agar Lebih Awet


Sepatu gunung atau sepatu trekking yaitu sepatu yg didesain khusus untuk hadapi semua medan di gunung. Karena medan yang ekstrim, sepatu di buat dengan beberapa bahan dengan kwalitas yang lebih baik dari pada sepatu umum dan sudah pasti harga nya mahal. Tetapi harga dan kwalitas tidak akan menanggung keawetan dari barang itu, karena semua masihlah bergantung pada bagaimana kita menjaga sepatu itu.

Berikut beberapa tips untuk bikin sepatu gunung atau trekking kita tetaplah awet :

1. Bahan Pembersih 

Untuk bahan pembersih, yang paling aman yaitu sediakan baskom diisi air bersih hangat tanpa ada kombinasi sabun. Janganlah pakai sabun batangan atau deterjen! Detergen dapat mengakibatkan kerusakan susunan waterproof sepatu dan melunturkan warna sepatu safety.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan kalau dapat memakai type mild soap atau sabun dengan pH netral (7. 0), seperti sabun/shampoo bayi atau sabun cair bersihkan piring. Untuk sepatu yang mulai berjamur, pakai kombinasi air (80%) dan cuka (20%) untuk membersihkannya.

2. Cara Bersihkan Yang Tepat 
  • Setelah kita memakai sepatu kita dalam temani kegiatan pendakian, cepatlah dibersihkan dari kotoran yang melekat pada sepatu. Terlebih bila di musim hujan, di mana banyak lumpur yang melekat. 
  • Pertama, terlepas tali sepatu dan insole (susunan dibagian dalam sepatu yang memisahkan kaki dan bagian bawah sepatu) agar semua bagian sepatu dapat jadi kering prima.
  • Janganlah merendam sepatu. Sepatu safety online dapat rusak dan berkerut jika di rendam terlalu lama di air dan tidak dibersihkan dengan lembut. Lem di sol sepatu akan mudah terlepas.
  • Celup sikat kedalam baskom, lalu kibaskan sikat untuk kurangi jumlah air
  • Pakai sikat yang halus untuk membersihkan bagian upper sepatu, agar tidak mengakibatkan kerusakan jahitan serta susunan anti airnya yang biasanya memakai bahan gorte.
  • Bagian bawah sepatu sendiri di sikat dengan sikat yang lebih kasar karena terkadang kotoran yang melekat dibagian sepatu sulit untuk dibersihkan.
  • Bila susunan waterproof pada sepatu mulai hilang dan menyebabkan kebocoran, pakai waterproof spray untuk kembalikan karakter water resistance sepatu. Beragam product waterproof spray saat ini banyak di jual di market. 
3. Cara Pengeringan
  • Setelah bersih, keringkan sepatu lewat cara diangin-anginkan. Upayakan tidak segera bersentuhan cahaya matahari segera karena hal itu akan mengakibatkan kerusakan material sepatu.
  • Sebelumnya dijemur ada trick yang dapat dipakai rekan-rekan pendaki untuk mempercepat sistem pengeringan.
  • Ambillah kanebo dan tekan-tekan bagian luar dan dalam sepatu sampai kanebo tidak dapat lagi menyerap air.
  • Sediakan koran sisa, masukan kedalam sepatu sembari ditekan-tekan agar lebih menyerap air.
  • Jemur sepatu dengan menggantung sepatu. Posisi atas sepatu dihadapkan ke bawah (di balik), untuk menggantungnya dapat memakai tali sepatu. 
4. Cara Penyimpanan 
  • Taruh sepatu gunung atau sepatu trekking tanpa ada terhimpit benda atau sepatu lain.
  • Upayakan sepatu safety jakarta disimpan ditempat yang kering (tidak lembab) dan jauhi dari cahaya matahari segera.
  • Diluar itu berikanlah ganjalan kertas didalam sepatu agar tetaplah dapat terkena desakan untuk melindungi bentuk sepatu seperti awal mulanya. Tetapi jauhi pemakaian kertas koran agar tintanya tidak luntur didalam. 
5. Bersihkan sepatu selama tidak dipakai 

Sesekali kita perlu mengecek keadaan sepatu kita selama tidak digunakan. Bersihkan sepatu kita dari kotoran maupun debu-debu yang mungkin melekat pada sepatu selama tidak digunakan. Lap dengan kanebo dengan cara perlahan-lahan.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Text Widget

Author Info

Text Widget

Contact us

Nama

Email *

Pesan *

About Me

Instagram

Video of the Day

Theme Support

Pages

Ordered List

Popular Posts

Popular Posts